Praktik Baik GTK 2025
PENGUATAN LITERASI DENGAN BANTUAN ARKA
(Active Regulated Knowledge Agent)
PENGUATAN LITERASI DENGAN BANTUAN ARKA
(Active Regulated Knowledge Agent)
Hasil rapor pendidikan tahun 2024
Lemahnya kemampuan membaca pemahaman pada anak (tes awal rerata anak melakukan analisis bacaan diangka 69,93%).
Pembiasaan literasi dan numerasi yang belum terukur dengan efisien.
Pembiasaan literasi dan numerasi yang hanya rutinitas saja namun proses refleksi belum berbasis data (buku jurnal literasi yang minim tindak lanjut)
Gunakan sumber belajar seperti Ruang Murid untuk membedakan antara Ide Pokok dan Ide Pendukung.
Buka Aplikasi Lab Ide Pokok untuk berlatih mencari ide pokok bersama ARKA. Prosedurnya mulai dari tingkat Mula (Paling Mudah) secara klasikal (bisa menggunakan IFP atau perangkat lainnya).
Sepakati bersama anak, anak diperbolehkan naik ke tingkatan selanjutnya (Madya atau Mahir) ketika sudah konsisten mendapat nilai 80% dalam beberapa percobaan (ditentukan guru).
Lakukan tahap ini di kelas IV untuk hasil yang lebih baik secara konsisten dan bisa dilakukan di rumah memanfaatkan perangkat smartphone.
Rutinkan untuk melakukan evaluasi mingguan (hari Sabtu) untuk melihat perkembangan anak dalam mencari ide pokok. Evaluasi bisa dilakukan dengan berkelompok atau dikemas dalam kegiatan tertentu.
Aplikasi Lab Ide Pokok hanya sebagai alat untuk membantu evaluasi dan refleksi. Akan lebih efektif lagi jika anak dirutinkan berlatih di rumah dengan pengawasan orang tua misalkan dalam 1 hari dilakukan sebanyak 3 kali sesi latihan.
Gunakan sumber belajar seperti Ruang Murid untuk memahami konsep unsur intrinsik dalam cerita.
Masukkan data anak pada halaman Daftar Nama Siswa untuk memasukkan nama anak pada aplikasi. Halaman berupa file spreadsheet, isi saja sesuai kebutuhan dan tolong jangan rubah data milik sekolah lain.
Buka Aplikasi LITRA - Intrinsik Cerita Anak untuk berlatih mencari unsur intrinsik bersama ARKA. Prosedurnya mulai dari tingkat Mula (Paling Mudah) secara klasikal (bisa menggunakan IFP atau perangkat lainnya). Jika masih berlatih bisa gunakan nama anak Anonim.
Sepakati bersama anak, anak diperbolehkan naik ke tingkatan selanjutnya (Madya atau Mahir) ketika sudah konsisten mendapat nilai 80% dalam beberapa percobaan (ditentukan guru).
Lakukan tahap ini di kelas V untuk hasil yang lebih baik secara konsisten dan bisa dilakukan di rumah memanfaatkan perangkat smartphone dengan memasukkan nama masing-masing anak agar progress bisa tersimpan ke dalam database.
Rutinkan untuk melakukan evaluasi mingguan (hari Sabtu) untuk melihat perkembangan anak dalam mencari ide pokok. Evaluasi bisa dilakukan dengan berkelompok atau dikemas dalam kegiatan tertentu.
Aplikasi LITRA - Intrinsik Cerita Anak hanya sebagai alat untuk membantu evaluasi dan refleksi. Akan lebih efektif lagi jika anak dirutinkan berlatih di rumah dengan pengawasan orang tua misalkan dalam 1 hari dilakukan sebanyak 2 kali sesi latihan.
Gunakan sumber belajar seperti Ruang Murid untuk memahami konsep 5W+1H dalam mengembangkan paragraf.
Masukkan data anak pada halaman Daftar Nama Siswa untuk memasukkan nama anak pada aplikasi. Halaman berupa file spreadsheet, isi saja sesuai kebutuhan dan tolong jangan rubah data milik sekolah lain. (Jika sebelumnya sudah pernah mengisi maka tidak perlu dilakukan kembali)
Buka Aplikasi AKAR - Analisis Artikel Ringkas untuk berlatih mencari komponen 5W+1H bersama ARKA. Prosedurnya mulai dari tingkat Mula (Paling Mudah) secara klasikal (bisa menggunakan IFP atau perangkat lainnya). Jika masih berlatih bisa gunakan nama anak Anonim.
Sepakati bersama anak, anak diperbolehkan naik ke tingkatan selanjutnya (Madya atau Mahir) ketika sudah konsisten mendapat nilai 80% dalam beberapa percobaan (ditentukan guru).
Lakukan tahap ini di kelas VI untuk hasil yang lebih baik secara konsisten dan bisa dilakukan di rumah memanfaatkan perangkat smartphone dengan memasukkan nama masing-masing anak agar progress bisa tersimpan ke dalam database.
Rutinkan untuk melakukan evaluasi mingguan (hari Sabtu) untuk melihat perkembangan anak dalam berlatih menganalisis 5W+1H dalam bacaan. Evaluasi bisa dilakukan dengan berkelompok atau dikemas dalam kegiatan tertentu.
Aplikasi AKAR - Analisi Artikel Ringkas hanya sebagai alat untuk membantu evaluasi dan refleksi. Akan lebih efektif lagi jika anak dirutinkan berlatih di rumah dengan pengawasan orang tua misalkan dalam 1 hari dilakukan sebanyak 2 kali sesi latihan.
Gunakan sumber belajar seperti Ruang Murid untuk memahami teknik mengembangkan paragraf.
Masukkan data anak pada halaman Daftar Nama Siswa untuk memasukkan nama anak pada aplikasi. Halaman berupa file spreadsheet, isi saja sesuai kebutuhan dan tolong jangan rubah data milik sekolah lain. (Jika sebelumnya sudah pernah mengisi maka tidak perlu dilakukan kembali)
Buka Aplikasi Kembang Paragraf untuk berlatih membuat paragraf dari topik tertentu bersama ARKA. Prosedurnya mulai dari tingkat Mula (Paling Mudah) secara klasikal (bisa menggunakan IFP atau perangkat lainnya). Jika masih berlatih bisa gunakan nama anak Anonim.
Sepakati bersama anak, anak diperbolehkan naik ke tingkatan selanjutnya (Madya atau Mahir) ketika sudah konsisten mendapat nilai 80% dalam beberapa percobaan (ditentukan guru).
Lakukan tahap ini di kelas VI untuk hasil yang lebih baik secara konsisten dan bisa dilakukan di rumah memanfaatkan perangkat smartphone dengan memasukkan nama masing-masing anak agar progress bisa tersimpan ke dalam database.
Rutinkan untuk melakukan evaluasi mingguan (hari Sabtu) untuk melihat perkembangan anak dalam berlatih mengembangkan paragraf dengan metode 5W+1H dalam bacaan. Evaluasi bisa dilakukan dengan berkelompok atau dikemas dalam kegiatan tertentu.
Aplikasi Kembang Paragraf hanya sebagai alat untuk membantu evaluasi dan refleksi. Akan lebih efektif lagi jika anak dirutinkan berlatih di rumah dengan pengawasan orang tua misalkan dalam 1 hari dilakukan sebanyak 2 kali sesi latihan.
Berikut ini adalah dokumentasi pembiasaan literasi dengan bantuan ARKA.